BUSINESS PLAN (BP)
HALOOO SEMUANYA BALIK LAGI DIBLOG SAYA DAN DISINI GW AKAN MEMBAHAS TENTANG BUSINESS PLAN :)
BACA DENGAN SEKSAMA BAGI KALIAN YANG INGIN MEMBANGUN USAHA BISNIS DAN SEMOGA MATERI KALI INI BERMANFAAT BAGI PARA PEMBISNIS SEPERTI KALIAN :)
PENGERTIAN BUSINESS
PLAN
Business Plan atau Perencanaan Bisnis merupakan
pernyataan formal yang berisi tujuan berdirinya sebuah bisnis, alasan mengapa
pendiri bisnis tersebut yakin tujuan tersebut bisa dicapai dan juga strategi
atau rencana apa yang akan dijalankan guna mencapai tujuan tersebut. Rencana
bisnis juga bisa mengandung informasi mengenai latar belakang organisasi atau
tim yang bertanggung jawab untuk memenuhi tujuan itu.
MANFAAT BUSINESS
PLAN
Terdapat beberapa manfaat atau fungsi business plan,
berikut ini adalah manfaat business plan yang perlu diketahui pentingnya
business plan bagi wirausaha:
1. Untuk Mengawali Sebuah Bisnis atau Usaha
Bussiness plan berfungsi untuk merancang stategi dan rencana
awal bisnis. Sebuah bisnis akan sulit berkembang apabila dijalankan tanpa
rencana ataupun rancangan bisnis. Untuk itu sangatlah penting bagi seorang wira
usaha untuk menyusun sebuah rencana bisnis agar bisnis yang ditekuni lebih
terarah dan terorientasi dengan benar dan dapat mencapai kesuksesan.
2. Untuk Mencari Sumber Dana
Rencana bisnis yang telah disusun bermanfaat untuk
mendatangkan pihak ketika seperti investor, bank atau yang lainnya yang akan
membantu bisnis yang dijalankan. Artinya, rencana bisnis yang sudah dibuat
dapat menjadi semacam proposal atau pelengkap proposal yang akan membantu
mendapatkan modal usaha.
3. Membuat Bisnis Lebih Fokus dan Terarah
Seorang pebisnis perlu menyusun sebuah business plan atau
rencana dan rancangan bisnis agar nantinya bisnis yang akan dijalankan akan
lebih fokus dan terarah dalam menentukan jenis bisnis, modal, strategi bisnis
serta jenis pemasaran yang akan digunakan.
4. Memprediksi Masa Depan
Business plan juga dapat digunakan untuk memprediksi masa
depan bisnis yang kan dijalankan. Sebab, saat menyusun rencana bisnis, maka
akan terlihat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis yang
akan dijalankan.
5. Untuk Menaikkan Level Bisnis
Business plan juga dapat menaikkan level bisnis yang sedang
dijalankan. Rencana dan rancangan bisnis yang disusun dengan baik akan membuat
gairah tersendiri bagi pebisnis untuk menjalankan usaha mereka.
Prinsip Business Plan
:
1. Prinsip otonomi, adalah pengusaha atau pelaku usaha
meiliki kebebasan dalam kegiatan usaha tersebut dengan tidak melanggar norma
atau aturan yang berlaku.
2. Prinsip Kejujuran, ialah jujur sangat penting dalam
berbisnis atau berusaha, karena dengan jujur bisnis yang kita bangun akan
berjalan sesuai rencana.
3. Prinsip Keadilan, ialah dalam berbisnis ini kita harus
mengaktualkan visi misi yang telah kita buat agar bisnis ini sesuai dengan
rencana yang kita harapkan.
4. Prinsip Saling Menguntungkan, ialah didalam berbisnis
tidak hanya menguntungkan sebelah pihak, tetapi harus sama-sama saling
menguntungkan. Dan menerapkan keadilan untuk langkah lebih tepat untuk
mewujudkan dan menciptakan iklim persaingan yang sehat didalam pasar
tersebut.
5. Prinsip Integritas Moral, ialah seorang pengusaha bukan
hanya mengambil keuntungannya saja, tetapi perusahaan itu harus memiliki media
yang baik bagi masyarakat, bermanfaat bagi masyarakat dan berfikir yang baik
bagi bisnis bagi perusahaan didalam dunia usaha tersebut.
Komponen-komponen
penting dalam menyusun sebuah rencana bisnis :
1.
Ulasan Deskripsi Bisnis
Disini anda harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan. Tuliskan potensi produk anda saat ini dan kemungkinannya dimasa depan. Juga berikan informasi peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.
Disini anda harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan. Tuliskan potensi produk anda saat ini dan kemungkinannya dimasa depan. Juga berikan informasi peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.
2.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus anda gunakan untuk menciptakan target pembeli, anda harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan (kemana produk anda akan dipasarkan).
Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus anda gunakan untuk menciptakan target pembeli, anda harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan (kemana produk anda akan dipasarkan).
3.
Analisa Pesaing
Analisa Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing anda dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Anda juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan anda.
Demikian juga dengan kelemahan yang ditemukan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing anda.
Analisa Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing anda dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Anda juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan anda.
Demikian juga dengan kelemahan yang ditemukan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing anda.
4.
Rencana Desain dan Pengembangan
Rencana desain dan pengembangan dperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.
Rencana desain dan pengembangan dperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.
5.
Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan
berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan
logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen,
bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan
anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.
6.
Pembiayaan
Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.
Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.
7.
Kesimpulan Usaha
Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Anda dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.
Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Anda dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.
Komentar
Posting Komentar